Analisis Statistik Deskriptif: Perbandingan Metode Registrasi dan Eksperimen

Perbandingan Metode Registrasi dan Eksperimen

Untuk penyajian data, analisis statistik deskriptif adalah salah satu metode yang cukup umum dan jamak digunakan. Jenis analisis statistik ini mampu memberikan informasi data dengan detail yang bisa diandalkan sehingga data tentang suatu populasi ataupun fenomena tertentu yang terjadi akan cenderung lebih mudah dipahami dan diterapkan untuk keperluan yang berbeda.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa analisis statistik deskriptif ini adalah sebuah proses analisis yang nantinya hanya sebatas memberikan deskripsi atau gambaran umum saja. Dengan demikian, tidak ada maksud untuk melakukan semacam generalisasi sample terhadap populasi dari proses pengumpulan data yang dilakukan.

Perbandingan Metode Registrasi dan Eksperimen

Untuk melakukan proses analisis dengan metode statistik deskriptif, ada tahapan pengumpulan data yang harus dilakukan terlebih dahulu. Berbincang tentang metode pengumpulan data untuk proses analisis statistik deskriptif, ada beberapa metode yang bisa dipilih dan dipertimbangkan.

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai perbandingan metode pengumpulan data registrasi dan eksperimen sebagai dua metode yang cukup banyak diaplikasikan. Adapun detail dari kedua jenis metode pengumpulan data statistik deskriptif ini adalah sebagai berikut:

  • Metode registrasi

Metode registrasi adalah salah satu metode dalam pengumpulan data statistik deskriptif yang dilakukan secara terus menurus. Ada kesinambungan proses dan metode yang dilakukan. Artinya, pengambilan data nantinya bisa dilakukan beberapa kali di waktu yang berbeda untuk melakukan pembaruan.

Dalam penggunaannya, metode registrasi ini dilakukan untuk misalnya pencatatan kelahiran, kematian, migrasi dan lainnya yang dilakukan oleh pemerintah. Oleh karenanya, perlu update dalam pencatatan data tersebut.

Metode ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Proses pengumpulan data cenderung lebih hemat biaya
  • Data yang diperoleh dari metode registrasi cenderung lebih aktual daripada metode lainnya
  • Metode registrasi cenderung lebih baik daripada metode lain karena pengumpulan data yang lebih detail dan spesifik

Namun, di balik beberapa kelebihan yang dimiliki, ada beberapa kelemahan dari metode registrasi ini. Beberapa kelemahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Perlu kesadaran yang lebih tinggi dari penduduk untuk memberikan data mereka
  • Informasi yang didapatkan oleh surveyor bisa jadi tidak terlalu banyak karena umumnya hanya membahas tentang satu spesifikasi tema saja
  • Metode eksperimen

Metode eksperimen masuk dalam salah satu cara pengumpulan data analisis statistik deskriptif. Opsi metode ini bisa diambil untuk memberikan gambaran yang baru terkait pengumpulan data yang dilakukan. Seperti namanya, metode eksperimen dilakukan dengan cara melakukan percobaan.

Artinya, ada beberapa hal yang cenderung baru yang nantinya akan terungkap dari metode ini. Ada beberapa kelebihan dari metode eksperimen untuk dilakukan. Beberapa kelebihan dari metode ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pendataan dilakukan dengan perencanaan yang cenderung sistematis sehingga hasil yang akan didapatkan pun cenderung lebih akurat
  • Peneliti bisa melakukan manipulasi terkait variable yang diinginkan dalam proses pencarian data tersebut

Bisa dikatakan bahwa metode eksperimen adalah salah satu metode yang cukup menarik untuk dicoba dengan tujuan memberikan pengetahuan yang baru terkait populasi tertentu. Hanya saja, metode ini memiliki kelemahan yang harus diketahui.

Salah satu kelemahan dari metode pengumpulan data eksperimen adalah waktu yang cenderung lebih lama. Hal ini dikarenakan adanya perencanaan yang memakan cukup banyak waktu serta pelaksanaan yang mendetail untuk dilakukan.

Dua metode di atas bisa menjadi opsi dari pengumpulan data yang dilakukan untuk proses analisis statistik deskriptif. Tentu saja, kelebihan dan kelemahan dari kedua metode harus diperbandingkan untuk mendapatkan mana metode yang paling tepat dan bisa memberikan hasil penelitian yang maksimal.