Apakah Alergi Susu Pada Anak Bisa Disembuhkan Total?

Apakah Alergi Susu Pada Anak Bisa Disembuhkan Total?

Pada usia anak-anak sistem imun belum sepenuhnya maksimal. Itu artinya usia anak masih sangat rentan terserang berbagai penyakit. Diantara yang sering dialami anak adalah alergi. Alergi ini bukanlah suatu penyakit namun kondisi dimana tubuh merespons secara berlebihan ketika ada sesuatu asing yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu alergi yang sering dialami adalah alergi susu sapi. Alergi ini muncul ketika anak mulai mengonsumsi susu sapi. Ketika anak mengonsumsi susu sapi maka tubuhnya pun mengeluarkan gejala yang mana harus segera ditangani.

Penyebab anak alergi susu sapi

Berdasarkan sumber Cek Alergi, ada beberapa faktor yang menyebabkan anak mengalami alergi khususnya susu sapi diantaranya adalah adanya gangguan pada sistem imunnya sehingga tubuhnya pun menganggap protein yang ada di dalam susu sapi berbahaya. Akibatnya tubuh pun mengeluarkan reaksi yang dapat Anda lihat sebagai gejala. Berikut ini beberapa faktor yang justru meningkatkan risiko anak mengalami alergi susu sapi antara lain:

  • Anak yang sebelumnya telah menderita dermatitis atopik.
  • Adanya riwayat alergi pada keluarga si anak misal ibu, bapak, atau sanak keluarga yang masih terdekat.
  • Setelah terdiagnosa alergi susu sapi, muncul alergi makanan atau minuman lain.

Gejala yang muncul ketika anak alergi susu sapi

Tiap anak yang terkena alergi susu seringkali tubuhnya mengeluarkan reaksi yang berbeda-beda. Reaksi ini bisa muncul dalam hitungan menit bahkan jam setelah mengonsumsi. Meski demikian, ada beberapa gejala yang umum muncul pada anak yang alergi susu sapi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Munculnya rasa gatal di sekujur tubuh terutamanya di sekitar mulut atau bibir.
  • Karena rasa gatal yang ditimbulkan menyebabkan bengkak di area terutama bibir, lidah, atau mulut.
  • Muncul batuk
  • Sesak napas, diare bahkan hingga muntah.
  • Nafsu makan mulai menurun

Selain gejala yang umum muncul seperti di atas, jika tidak segera ditangani maka akan muncul reaksi yang lebih serius atau biasa disebut anafilaksis. Anafilaksis merupakan suatu reaksi dimana dapat mengancam nyawa penderita alergi. Anafilaksis ini umumnya menyerang saluran pernapasan sehingga penderita alergi pun kesulitan ketika bernapas.

Susu pengganti untuk anak yang alergi susu sapi

Anak yang alergi susu sapi bukan berarti tidak bisa mendapatkan nutrisi tambahan. Anda tetap bisa memberikan nutrisi tambahan kepada anak dengan memberikannya susu alternatif berikut ini.

  1. Susu kambing

Susu alternatif pengganti susu sapi pertama adalah susu kambing. Susu kambing ini sangat bagus dikonsumsi lantaran memiliki kandungan protein hewani yang hampir sama dengan susu sapi.

  1. Susu soya atau kedelai

Susu alternatif yang juga menjadi pilihan utama adalah susu soya atau kedelai. Kandungan nutrisi yang ada di susu soya hampir mirip bahkan lebih dibandingkan dengan susu sapi. Sehingga sangat cocok untuk anak yang alergi susu sapi.

Anak yang menderita alergi susu sapi apakah bisa disembuhkan?

Banyak yang bertanya-tanya apakah anak yang alergi susu sapi bisa disembuhkan? Pada dasarnya alergi susu sapi ini bisa disembuhkan seiring dengan bertambahnya usia anak. Pada intinya alergi susu sapi ini bisa sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu karena lambat laun tubuh anak pun bisa menerima protein yang terkandung dalam susu sapi.

Bagi para Bunda yang anaknya menderita alergi susu sapi tidak perlu khawatir karena Morinaga Platinum hadir dengan produk susu formula yang khusus dikonsumsi oleh anak yang alergi susu sapi. Chil Kid Soya merupakan susu Morinaga yang memiliki kualitas protein setara dengan susu sapi. Susu ini juga bebas alergen sehingga aman dikonsumsi oleh anak yang alergi susu sapi.