Jenis Bahan Sol Untuk Bikin Sepatu

Jenis Bahan Sol Untuk Bikin Sepatu

Selain memperhatikan bahan sepatu, sol sepatu juga perlu diperhatikan apakah sesuai dengan kenyamanan yang diinginkan. Biasanya sol sudah disesuaikan saat proses bikin sepatu sesuai dengan fungsi dan jenisnya.

Bahan Sol Untuk Bikin Sepatu

Sol sepatu memiliki daya tahan dan karakteristik yang berbeda-beda sehingga melihat kualitas sol saat membeli sepatu sangat penting. Sol yang tepat akan menambah kenyamanan dan mendukung aktivitas kegiatan anda. Berikut macam-macam bahan sol untuk membuat sepatu :

  1. Rubber Sole (Sol Karet)

Sol berbahan karet merupakan bahan yang sudah lama dipakai dan menjadi pilihan yang tepat untuk pembuatan sepatu sneakers. Sol karet dicetak sedemikian rupa mengikuti bentuk dimensi atas agar pas dengan sepatu yang dibuat. Biaya produksi pembuatan sol karet juga sangat terjangkau namun memiliki keunggulan yaitu kuat, awet, dan tahan lama serta tidak memiliki masa kadaluarsa.

Pastinya sol ini bersifat lentur karena terbuat dari karet sehingga cocok dijadikan sebagai sepatu lapangan. Umumnya sol karet bisa ditambahkan jahitan pada bagian samping sol setelah di lem dan di press agar lebih kuat. Sayangnya sol karet memiliki kekurangan yaitu berat dan licin.

  1. TPU (Thermoplastic Poly-Utherane)

TPU merupakan sol untuk bikin sepatu yang berbahan dasar plastik polimer yang dicetak menggunakan suhu panas tertentu. TPU dapat dicairkan kemudian dipadatkan kembali sehingga dapat digunakan kembali untuk mengubah bentuk yang akan digunakan pada sepatu edisi baru.

Sol TPU memiliki karakteristik ringan dan anti selip, tahan terhadap minyak. Biasanya lebih sering digunakan untuk sepatu lari jarak jauh dan sepatu lari lintas medan. Sayangnya sepatu dengan sol TPU memiliki harga yang relatif mahal dan memiliki masa expired yang bisa telah melewati masanya maka sol akan hancur sendiri seperti sepotong roti.

  1. EVA (Ethyl Vinyl-Acetate)

EVA merupakan sol yang dikenal dapat memberikan kenyamanan saat digunakan bahkan ketebalannya dapat diatur saat diproses mengikuti kebutuhan sepatu. EVA memiliki karakteristik yang ringan sehingga nyaman digunakan dan juga bisa dijadikan sebagai bagian luar dari sepatu.

  1. Phylon

Phylon merupakan bahan yang dikembangkan dari EVA dengan proses melelehkan EVA menggunakan mesin pemanas kemudian didinginkan menggunakan mesin cetak sol dengan suhu dingin. Phylon akan menjadi lebih padat namun tetap memberikan kebanyakan. Umumnya sepatu yang menggunakan sol Phylon yaitu sepatu basket modern.

  1. TPR (Thermo Plastic Rubber)

TPR merupakan bahan sol untuk bikin sepatu yang terbuat dari karet mentah yang dicairkan kemudian dicetak pada cetakan sol sepatu. Sepatu sol TRP kurang elastis dan kurang empuk dibandingkan dengan sol EVA dan TPU sehingga sol berbahan TPR biasanya menambahkan insole agar lebih nyaman digunakan. Sol TPR bersifat tahan lama, tidak licin dan memiliki traksi yang baik.