Ketahui Pentingnya Memilih Investasi Menguntungkan dan Aman

Ketahui Pentingnya Memilih Investasi Menguntungkan dan Aman

Ketahui Pentingnya Memilih Investasi Menguntungkan dan Aman – Begitu banyak yang menawarkan dan juga memberi informasi tentang berbagai cara memilih investasi. Mulai dari yang dianggap berkelas seperti produk di pasar modal hingga berbagai produk perbankan. Namun di saat yang bersamaan, masih juga ada beberapa orang yang mengajukan pertanyaan mendasar seperti tentang pentingnya berinvestasi.

Pertanyaan tersebut terkadang memang dianggap sederhana tetapi sangatlah penting untuk diketahui. Hal ini agar tidak tergoda untuk ikut dalam suatu bisnis penanaman modal yang bisa menipu dan merugikan.

Mengenal berbagai  jenis produk investasi murah memang seolah-olah menjadi percuma jika kesadaran untuk menabung atau menanam modal belum bisa diwujudkan. Percuma saja jika kesadaran untuk berinvestasi itu sendiri memang belum terwujud.

Memang, pada era modern ini pertumbuhan kesadaran masyarakat untuk lebih mengelola uang terlihat mulai cukup besar. Pada kenyataannya jumlah investor masih sedikit bila dibandingkan dengan jumlah masyarakat di Indonesia meskipun sudah terlihat pertumbuhan yang cukup signifikan. banyak produk yang ditawarkan dalam upaya pengelolaan uang telah terbukti memberikan keuntungan yang signifikan pula. dan salah satu pilihan untuk menanamkan modal atau mengelola uang adalah pasar modal

hal ini kemudian yang menjadi pemicu Bursa efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan penyebarluasan informasi tentang pentingnya memilih investasi menguntungkan. Selanjutnya kembali pada pertanyaan awal, apa pentingnya melakukan penanaman modal atau mengelola keuangan dengan baik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perlu disadari beberapa hal berikut ini.

Inflasi

Inflasi  memiliki definisi  yaitu suatu proses dimana  secara umum harga-harga  semakin meningkat dan  berkaitan dengan mekanisme jual beli di pasar. Secara umum , jika terdapat pergerakan ekonomi dan juga meningkatnya daya beli  pada masyarakat  maka akan terjadi  proses inflasi.

Pada kenyataannya inflasi ini yang memang mudah ditemui  anda tentu  pernah merasakan  saat  membeli berbagai macam kebutuhan sehari-hari  dengan uang Rp. 100.000 ,-. Itu dulu, kini dengan nominal yang sama hanya dapat membeli beberapa jenis barang saja, tidak sebanyak 10 tahun lalu.

Tingkat inflasi memang terus meningkat dan berbeda tiap tahunnya. Misalnya saja pada tahun 2006 data yang tercatat di Bank Indonesia tertinggi sebesar 17,92% pada bulan Februari 2006.

Cita-cita

Setiap orang memiliki visi dan misi yang berbeda misalnya dengan memilih investasi untung yang bermanfaat untuk masa depannya. Sebaiknya kita berusaha agar tabungan yang telah dikumpulkan nilainya dapat tumbuh dan  tidak  terlalu lambat bila dibandingkan dengan laju inflasi.

Kalau kita sudah mengetahui angka inflasinya yang selalu diumumkan oleh pemerintah, tugas kita adalah mencari cara agar uang tabungan kita tumbuh lebih tinggi dari inflasi.

Pengendalian Diri

Masyarakat semakin banyak yang menerapkan pola hidup cukup konsumtif seiring dengan penghasilan yang semakin meningkat. Misalnya bersenang-senang di pusat perbelanjaan atau sekedar  hobi mengganti kendaraan. Memang hal tersebut tidak  ada salahnya,  namun  akan mengganggu keuangan jika mulai berlebihan.

Kita dapat berusaha untuk membatasi  dan mengendalikan diri  dengan  melakukan investasi menguntungkan.  Hindari berbagai pola hidup mewah yang mungkin dapat  merugikan pada masa yang akan datang  tekad  berinvestasi dan mendisiplinkan diri  akan membuat keuangan lebih teratur.

Jika sudah memiliki tekad dan merumuskan tujuan keuangan  baik jangka pendek ataupun jangka panjang maka  berinvestasi merupakan cara yang tepat untuk mencapainya. Pilihlah investasi yang benar-benar aman dan menguntungkan agar tidak mengalami kerugian.