Manfaat Pucuk Merah Nama Latin Syzygium oleana

Manfaat Pucuk Merah Nama Latin Syzygium oleana

Manfaat Pucuk Merah Nama Latin Syzygium oleana! Jika kamu memang menyukai tanaman hias tentu tidak akan asing lagi dengan tanaman pucuk merah ini. Tanaman hias ini memang akan memiliki daun muda yang berwarna merah sedang untuk daun tua berwarna hijau.

Tanaman yang satu ini memang banyak digunakan untuk pagar rumah maupun pekarangan rumah. Tidak jarang pula kita menemui pucuk perah di pinggir jalan. Bahkan di sekolah-sekolah kita akan dengan mudah menemui tanaman ini

Tidak hanya memiliki bentuk yang unik. Nyatanya tanaman hias outdoor ini juga memiliki banyak manfaat yang perlu kamu perhitungkan. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dengan menanam pucuk perah nama latin Syzygium oleana ini lho.

Berbagai Manfaat Pucuk Merah Nama Latin Syzygium oleana

Sebagai Pagar Alami Pekarangan Rumah

Kamu hanya perlu membiarkan tanaman ini tumbuh menjadi rimbun. Setelah itu makanan ini akan menutupi area taman rumah jamu. Melalui tinggi pucuk merah yang bisa mencapai 7 meter dengan diameter 30 cm akan membuat halaman rumah menjadi subur.

Dapat Digunakan Sebagai Pewarna Makanan

Manfaat pucuk merah nama latin Syzygium oleana yang satu ini memang tidak banyak diketahui. Jika dibandingkan menggunakan pewarna kimia yang berbahaya tentu akan lebih bagus menggunakan pewarna makanan alami.

Nah, perlu diketahui jikalau pucuk merah ini juga bisa dijadikan pewarna makanan alami. Selain pandan, nyatanya pucuk merah merupakan pewarna makanan alami yang aman untuk dikonsumsi.

Antioksidan

Pucuk merah ini dalam artikel yang ada di web elokfarm.com juga dikatakkan dapat digunakan sebagai antioksidan. Hal ini dikarenakan senyawa polifenol yang terkandung dalam tanaman ini. Melalui senyawa tersebut tanaman ini bisa mengurangi tingkat stres juga melindungi sel beta pankreas.

Dapat Mencegah Diabetes

Di dalam batang atas tumbuhan ini memang mengandung flavonoid. Tentu kita tahu jika flavonoid sangat efektif untuk mencegah diabetes beserta komplikasinya.

Pengharum Udara Alami

Perlu diketahui jikalau tanaman hias pucuk merah nama latin Syzygium oleana ini dapat dijadikan pengharum udara alami. Hal ini dikarenakan di dalam daunnya memang terkandung minyak esensial. Sehingga aroma dari minyak esensial ini yang khas serta unik memang begitu menenangkan.

Melalui hal ini pula kamu bisa menjadikan pucuk merah sebagai pengharum udara alami. Aroma yang ditimbulkan juga memiliki kesan yang menyegarkan. Sehingga kamu tidak akan merasa mual setelah menciumnya.

Dapat Menyerap Karbondioksida

Manfaat pucuk merah lainnya ialah dapat menyerap karbondioksida. Perlu diketahui jikalau pucuk merah memang lebih efektif untuk menyerap karbondioksida dibandingkan tanaman lainnya.

Jika kamu ingin mendapatkan udara yang segar dan baik maka mulai tanamlah pucuk merah ini. Hal ini juga dapat membuat kadar oksigen menjadi meningkat. Sehingga udarabyang kamu hidup bukan hanya segar melainkan sehat juga.

Dapat Mencegah Longsornya Tanah

Pucuk merah nama latin Syzygium oleana ini juga bisa mencegah longsornya tanah. Hal ini dikarenakan akar tunggang yang dimiliki olehnya. Jika kamu tinggal di daerah berbukit akan lebih baik memanfaatkan tanaman ini.

Selain itu, tanaman ini juga bisa menyimpan cadangan air yang cukup. Intinya, cobalah manfaatkan tanaman ini untuk mencegah tanah menjadi longsor. Tidak akan rugi menanam tanaman yang satu ini.

Lingkungan Menjadi Sehat

Jika kamu menanam tanaman hias pucuk merah ini, maka otomatis lingkungan kamu menjadi sehat. Hal ini dikarenakan berbagai manfaat kesehatan yang dimiliki oleh tanaman ini.

Itulah berbagai manfaat pucuk merah nama latin Syzygium oleana yang harus kamu ketahui. Bagaimana, tertarik untuk menanamnya juga?