Perbedaan Kartu Nama dan ID Card

Perbedaan Kartu Nama dan ID Card

Banyak yang salah kaprah  bahwa kartu nama sama dengan ID card padahal dari nama, fungsi dan perannya saja sudah berbeda. Tak terkecuali dengan template buat kartu nama dan ID card tentu juga berbeda. Berikut ini beberapa perbedaan antara kartu nama dan ID Card.

Pengertian ID Card

Dalam bahasa indonesia ID Card berarti kartu identitas. Kartu tersebut menampilkan identitas Anda yang di dalamnya terdapat foto, nama, alamat, golongan darah, hingga tempat dan tanggal lahir.

Di Indonesia ID Card bisa berupa KTP, NPWP, atau identitas karyawan. ID berfungsi sebagai tanda pengenal agar orang lain bisa mencari keberadaan Anda dengan merujuk pada kartu identitas tersebut. Setidaknya ada tiga jenis ID Card dan kegunaannya.

Jenis-Jenis ID Card

ID card memiliki beberapa jenis yang umumnya ditemui dan digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, kartu biasa. Kartu ini biasa digunakan sebagai tanda pengenal pribadi yang menunjukan identitas seseorang misalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kedua, kartu magnetik. Kartu ini memiliki tanda hitam di belakang kartu yang seperti kartu ATM yang berfungsi untuk menyimpan data si pemilik kartu. Biasanya kartu jenis ini digunakan pada jenis kartu ATM atau flash card. Cara menggunakan kartu ini ialah dengan digesek, di-tap, atau dimasukkan ke dalam mesin ATm.

Ketiga adalah kartu proximity. Sekilas, kartu ini serupa dengan ID Card biasanya, namun bedanya, kartu proximity memiliki chip di bagian depan atau bagian belakang kartu sehingga menghindari kecurangan atau pemalsuan ID Card. Model kartu proximity ini biasanya digunakan pada paspor online, SIM Card dan lainnya.

Pengertian Kartu Nama

Berbeda dengan ID Card, kartu nama berguna untuk menyampaikan informasi seseorang yang berhubungan dengan jabatan di sebuah perusahaan. Biasanya dalam satu kartu nama ada logo perusahaan, nama lengkap, email perusahaan, jabatan, alamat perusahaan dan nomor yang bisa dihubungi.

Buat kartu nama merupakan cara lain yang lebih formal untuk memperkenalkan diri terlebih ketika sedang bertransaksi bisnis. Kartu nama tak hanya bisa dijadikan sebagai tanda pengenal namun sekaligus promosi usaha atau perusahaan Anda dengan cara yang lebih profesional.

Meskipun sudah ada ponsel, sosial media untuk berinteraksi secara langsung, keberadaan kartu nama juga dianggap penting. Terlebih jika Anda ingin memperkenalkan diri namun dalam keadaan mendesak sehingga tidak sempat bertukar nomor ponsel atau sosial media lainnya, Anda bisa menggunakan kartu nama sebagai alat perkenalan yang praktis dan cepat.

Fungsi Kartu Nama

Selain sebagai tanda pengenal, kartu nama memiliki beberapa fungsi. Pertama sebagai ajang promosi perusahaan ke konsumen yang lebih luas. Biasanya mereka yang sedang melakukan transaksi bisnis dan ingin mengajukan kerjasama dengan perusahaan lain, menggunakan kartu nama sebagai media komunikasi.

Selain itu, calon konsumen atau partner Anda akan menilai perusahaan tempat Anda bekerja lebih profesional dan memberikan kepercayaan dengan memberikan kartu nama.

Jika Anda mencari tempat pembuatan desain kartu nama yang trendi, modern dan profesional, bisa menggunakan Faswork.id untuk mewujudkan desain kartu nama yang Anda inginkan.

Di Faswork.id tak hanya memungkinkan Anda untuk membuat kartu nama yang ciamik namun juga memudahkan Anda bertemu dengan tenaga-tenaga desainer freelancer yang profesional di bidangnya.

Anda juga bisa memilih kategori freelancer yang sesuai dengan kantong serta budget Anda membuat kartu nama. Hanya tinggal sekali klik, Anda sudah bisa mendapatkan kartu nama yang Anda inginkan. Buat kartu nama semakin mudah di dengan freelancer di fastwork.id.