Tips Investasi Emas Dengan Logam Mulia

Tips Investasi Emas Dengan Logam Mulia

investasi emas menjadi salah satu investasi yang selalu memiliki banyak peminat dari tahun ke tahun. Hingga saat ini sudah banyak yang mengambil keuntungan dari investasi emas bahkan ada juga yang selalu membeli emas tiap bulannya sebagai aset investasi yang berharga dan bertujuan menjaga nilai aset dari inflasi.

Investasi emas yang paling menjanjikan yaitu dalam bentuk logam mulia. Emas antam atau emas batangan menjadi yang paling cocok dijadikan sebagai instrumen investasi karena memiliki bentuk fisik sehingga kekayaannya dapat dipegang oleh pemiliknya serta telah memiliki sertifikat keaslian emas sebagai bukti.

Tips Investasi Emas Batangan

Investasi emas batangan tidak bisa dibilang mudah namun juga tidak sulit asalkan memahami dasar-dasar investasi serta cara investasi emas yang tepat. Sebagai pemula, anda bisa memahami tips berikut ini sebelum berinvestasi emas batangan.

  1. Tentukan tujuan utama melakukan investasi emas

Sebelum benar-benar mulai berinvestasi emas antam, pikirkan dan tentukan tujuan utama anda memilih instrumen investasi emas terlebih dahulu. Dengan menetapkan tujuan berinvestasi emas maka anda dapat lebih mudah menjalankan investasi ini dan dapat menentukan jangka waktu investasi emas.

Apabila anda ingin berlibur, membeli tanah, rumah, properti, naik haji, pendidikan dan tujuan lainnya, ada baiknya untuk melakukan investasi jangka panjang agar bisa mendapatkan imbal hasil yang menguntungkan.

Maka dari itu emas lebih disarankan untuk diinvestasikan dengan jangka waktu lebih dari 5 tahun. Namun apabila anda bertujuan untuk membeli emas sebagai mas kawin untuk tahun depan, anda bisa membelinya sekarang karena harganya akan lebih murah.

  1. Periksa harga emas sebelum membelinya

Apabila sudah menentukan tujuan berinvestasi emas dan jangka waktunya, jangan langsung terburu-buru untuk membeli emas. Periksa terlebih dahulu harga jual emas antam saat ini dan bisa juga melihat kurva harga emas untuk mengetahui naik turunnya harga emas setiap harinya. Pastikan untuk tidak membeli emas pada saat harga emas tinggi karena kondisi ekonomi pasar yang belum stabil.

  1. Tentukan berapa gram emas yang akan dibeli

Setelah mengecek harga, anda bisa menentukan berapa gram emas batangan yang akan dibeli untuk investasi. Berat emas dapat dibeli sesuai dengan budget yang tersedia. Misalnya anda memutuskan untuk membeli emas 1 gram setiap bulannya, maka anda tetap harus konsisten dalam membeli emas 1 gram setiap bulannya. Namun apabila anda memiliki budget lebih banyak dan harga emas sedang turun, tidak ada salahnya untuk membeli dalam jumlah lebih banyak.

  1. Perhatikan tempat penyimpanan emas

Apabila anda sudah yakin berinvestasi emas batangan, artinya anda juga harus mencari tempat penyimpanan yang aman karena emas batangan ini memiliki bentuk fisik dan memiliki risiko hilang atau dicuri lebih tinggi. Sangat beresiko jika logam mulia disimpan sembarangan dan pada akhirnya lecet atau hilang. Emas logam mulia dapat disimpan di dalam brankas atau menyewa safe deposit box yang disediakan oleh bank untuk nasabahnya.

Namun apabila anda memiliki budget yang kurang untuk beli emas antam, anda bisa memilih alternatif yaitu investasi emas digital secara online di Sehatigold.com. Sehatigold memudahkan anda menabung emas mulai dari 0,01 gram berbeda dengan emas logam mulia yang harus dibeli minimal 1 gram. Hal ini akan membuat anda dapat menabung emas dengan lebih mudah mulai dari Rp 20.000. Emas digital ini nantinya juga dapat ditukarkan menjadi logam mulia atau perhiasan.