Tips Menulis Artikel di Koran dalam Daftar Pustaka

Tips Menulis Artikel di Koran dalam Daftar Pustaka

Media cetak banyak dipakai oleh peneliti untuk menjadi sumber referensi dari penelitian yang sedang mereka lakukan. Media cetak bisa dalam bentuk apa saja. Biasanya yang dipakai adalah majalah dan koran. Peneliti yang menggunakan koran sebagai sumber referensi biasanya sedang melakukan penelitian terhadap isu sosial atau isu lain yang dimuat dalam koran tersebut. Nantinya, artikel yang digunakan peneliti sebagai sumber referensi akan dicantumkan dalam bagian dari laporan penelitian yang disebut dengan daftar pustaka.

Menulis daftar pustaka sesuai dengan data yang dipakai memiliki banyak sekali manfaat. Pertama, daftar pustaka dipakai sebagai salah satu etika yang harus dimiliki. Peneliti harus jujur bila ada beberapa pemikiran dalam penelitian yang berasal dari orang lain. Peneliti tidak boleh merasa sombong bahwa penelitian yang dilakukan merupakan hasil pemikirannya. Etika ini juga berkesinambungan dengan validitas data yang diberikan. Bila tidak banyak referensi yang dilakukan, besar kemungkinan peneliti hanya asal atau menggunakan imajinasinya saja. Apalagi bagi peneliti pemula yang belum banyak menghasilkan karya.

Artikel Koran

Disebutkan di laman https://www.e-comerciojusto.org/ternyata-buku-antologi-juga-bisa-jadi-daftar-pustaka-lho/ menulis daftar pustaka yang bersumber dari data dalam artikel yang ada di koran hampir sama dengan menulis daftar pustaka dari sumber yang lain.

  1. Nama penulis

Etika pertama yang harus dijaga dalam penulisan daftar pustaka adalah menulis nama pengarang. Perlu diingat bahwa jangan sampai salah menulis nama penulisnya, bahkan kesalahan satu huruf pun. Selain itu, bila penulis memiliki nama lebih dari satu kata, harap untuk membalik nama penulis tersebut.

  1. Tahun

Sama dengan penulisan daftar pustaka yang lain, tahun diterbitkannya artikel tersebut juga penting untuk dilakukan. tahun terbit dituliskan setelah mencantumkan nama penulis.

  1. Judul artikel

Judul artikel diletakkan setelah tahun terbit. Menuliskan judul artikel juga perlu diperhatikan. Jangan sampai ada tanda baca, huruf, atau salah ketik yang dilakukan.

  1. Nama koran

Peneliti yang memakai pemikiran orang lain dalam sebuah artikel di surat kabar juga perlu menyertakan nama koran di daftar pustaka. Hal ini dilakukan untuk memudahkan orang lain yang ingin membaca referensi yang sama dengan apa yang dibaca oleh peneliti.

  1. Tanggal terbit

Tanggal terbit akan selalu tercantum dalam surat kabar. Ada banyak sekali surat kabar yang diterbitkan setiap tahunnya. Menulis tanggal akan sangat memudahkan pembaca lainnya.

  1. Tempat terbit

Tempat diterbitkannya artikel dalam surat kabar menjadi data terakhir yang perlu dicantumkan dalam daftar pustaka laporan penelitian.

Menulis daftar pustaka dengan baik dan benar serta sesuai dengan kaidah atau ketentuan yang berlaku menjadi bukti kredibilitas yang dimiliki peneliti. Kualitas peneliti dan hasil penelitian juga bisa tergambar dari cara penulisan daftar pustakanya.