Trik memperkecil ukuran foto dengan menggunakan situs web

Trik memperkecil ukuran foto dengan menggunakan situs web

Mengubah ukuran file JPEG pada foto Anda dapat berguna jika Anda perlu mengirim banyak gambar dalam email atau mengunggahnya ke situs web. Mengubah ukuran gambar akan selalu mengurangi kualitas sedikit, dan memperbesar gambar di luar ukuran aslinya akan selalu membuatnya tampak kuning. Anda dapat mengubah ukuran gambar menggunakan situs web gratis, program pengeditan gambar gratis di komputer Anda, atau dengan aplikasi gratis di perangkat seluler Anda.

Cara memperkecil ukuran foto

Menggunakan Situs Web Pengubah Ukuran Gambar

  1. Kunjungi situs web pengubah ukuran gambar. Ada banyak situs web yang memungkinkan Anda dengan cepat mengunggah dan mengubah ukuran file gambar apa pun, termasuk file JPEG. Beberapa di antaranya memungkinkan Anda mengubah ukuran banyak gambar sekaligus. Cari “ubah ukuran jpeg” untuk menemukan banyak opsi berbeda. Mengubah ukuran menggunakan situs web paling efektif saat menggunakan komputer, bukan perangkat seluler. Beberapa situs yang lebih populer termasuk:
  • com
  • com
  • net
  1. Unggah file JPG yang ingin Anda ubah ukurannya. Sebagian besar situs pengubahan ukuran memungkinkan Anda untuk mengunggah hampir semua jenis file gambar. Klik tombol “Pilih file,” “Unggah gambar,” atau “Jelajahi” untuk menemukan file gambar di komputer yang ingin Anda ubah ukurannya. Jika gambar yang ingin Anda ubah ukurannya ada di situs web lain, Anda harus mengunduhnya ke komputer terlebih dahulu sebelum mengunggahnya ke situs web ukuran.
  2. Gunakan kontrol pengubahan ukuran untuk mengubah ukuran gambar. Setiap situs web memiliki serangkaian kontrol yang berbeda untuk menyesuaikan ukuran gambar. Anda mungkin dapat mengklik dan menarik kotak, atau menggunakan bilah geser untuk menyesuaikan ukuran akhir. Anda juga dapat memasukkan dimensi persis yang Anda inginkan dari gambar yang diubah ukurannya. Membuat gambar lebih besar dari aslinya akan menghasilkan gambar dengan kualitas lebih rendah.
  3. Pilih kompresi Anda (jika tersedia). Beberapa situs web yang mengubah ukuran memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat kompresi. Kompresi yang lebih tinggi akan menghasilkan ukuran file yang lebih kecil, tetapi juga akan menyebabkan penurunan kualitas gambar. Cari menu geser atau turun bawah kualitas untuk mengubah kualitas akhir. Tidak semua situs web yang mengubah ukuran memiliki opsi kualitas.
  4. Unduh gambar yang sudah diubah ukurannya. Setelah mengatur ukuran dan kualitas, Anda dapat mengubah ukuran dan mengunduh gambar. Klik tombol “Ubah Ukuran” untuk memuat gambar baru. Anda mungkin akan diperlihatkan pratinjau perubahan sebelum file gambar diunduh ke komputer Anda. Saat mengunduh gambar yang diubah ukurannya, pastikan Anda tidak menimpa aslinya. Ini akan memungkinkan Anda untuk kembali dan membuat perubahan jika Anda tidak puas dengan hasilnya.

Itulah cara memperkecil ukuran foto dengan cara yang paling sederhana dan mudah yaitu dengan menggunakan website. Sekarang ini sudah banyak sekai website yang memang mempermudah kita dalam memperkecil atau memperbesar ukruan foto. bahkan website tersebut biasanya tidak hanya bisa digunakan untuk resize foto saja tapi juga banyak sekarang website yang bisa digunakan untuk mengedit foto secara gratis. Dan hasil edit fotonya tersebut sama seperti hasil edit fot menggunakan aplikasi editor yang rumit dan juga berbayar. Untuk melakukan resize foto sekarang bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan pastinya juga cepat, tidak perlu ribet menggunakan aplikasi yang rumit ataupun berbayar. Saat kalian butuh langsung saja coba trik yang satu ini ya!