4 Jenis Mesin Matic Pada Mobil Yang Perlu Dipahami

Jenis Mesin Matic Pada Mobil Yang Perlu Dipahami

Tahukah kamu jika masyarakat Indonesia mulai beralih menggunakan sistem transmisi otomatis? Toyota Astra Motor sendiri mencatat pembelian mobil dengan sistem transmisi otomatis cukup pesat. Pembelian mobil sendiri pada tahun 2019, mencatatkan pembelian mobil dengan transmisi otomatis mencapai 30% penjualan. Cukup tinggi mengingat tipe mesin ini memang masih menyesuaikan diri dengan kebutuhan market.

Sebenarnya untuk kepemilikan unit kendaraan roda empat ini sendiri, pemilihan mesinnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada beragam jenis mesin kendaraan yang bisa digunakan dan mendukung kegiatan mengemudi dalam kendaraan roda empat sendiri. Berikut ini merupakan 4 jenis mesin transmisi otomatis yang digunakan dalam ragam kendaraan roda empat di Indonesia :

  1. CVT (Continous Variable Transmission)

Jenis mesin transmisi otomatis ini sering banget kalian temukan dalam mobil matic umumnya. Jasa car sharing sendiri memiliki ragam jenis kendaraan dengan mesin ini. Jenis mesin ini menjadi mesin yang direkomendasikan untuk kendaraan transmisi otomatis karena nyaman dan mendukung berkendara. Sistem mesin tipe ini cenderung responsive dan ringan digunakan berkendara dengan efisiensi kemudi tinggi.

  1. AT (Hydraulic Automatic Transmission)

Sistem transmisi otomatis pertama yang diperkenalkan adalah AT. Sistem transmisinya sendiri menggunakan kinerja gesekan dan juga minyak untuk mendukung kecepatan torsi. Nah, sistem ini banyak digunakan dalam berbagai jenis kendaraan otomatis dan banyak ragamnya di jasa car sharing. Sistem mesin ini digunakan dalam jenis mobil Toyota Agya, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga.

  1. DCT (Dual Clutch Transmission)

Nah, berbeda dengan kedua mesin sebelumnya, sistem mesin ini sendiri merupakan perpaduan mesin otomatis dan manual. Dimana disediakan pedal otomatis untuk menjalankan kinerja mesin namun terintegrasi dengan komputasi dalam mobil jadi kinerjanya bergantian dalam sistem kemudi. Memang jarang jasa car sharing yang menggunakan transmisi ini.

  1. AMT (Automated Manual Transmission)

Sistem kemudi yang menggunakan tipe mesin ini lebih tidak popular digunakan. Sebab sistem ini sendiri cenderung lambat menentukan perpindahan mesinnya sehingga kurang nyaman digunakan dalam keseharian. Sistem mesin ini bisa diatur menggunakan pergantian gigi dengan komputer atau semi komputer dan jarang digunakan dalam jasa car sharing.