5 Cara Menenangkan Pikiran untuk Menghindari Stres

5 Cara Menenangkan Pikiran untuk Menghindari Stres

Stres yang berlangsung lama bukanlah perkara mudah. Hal ini harus segera ditangani agar tidak menyebabkan penyakit atau gejala lainnya. Pasalnya, stres dapat menguras tubuh, kesehatan dan energi seseorang. Tidak hanya itu saja, stres juga bisa mempengaruhi hal-hal kecerdasan emosional dan pengambilan keputusan. Oleh karena itu, sebelum penyakit mental ini semakin parah ada baiknya untuk mencegah dan menyimak beberapa informasi berikut mengenai cara menenangkan pikiran.

1. Berolahraga

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah berolahraga. Pada saat tubuh melakukan gerakan-gerakan olahraga, biasanya tubuh akan melepaskan hormon kortison. Hormon kortison ini biasanya muncul dan dilepaskan otak ketika seseorang dalam keadaan atau berada pada situasi tertekan dan menyebabkan stres.

Namun, pada saat bergerak, tubuh akanĀ  menggantikannya dengan hormon endorfin atau biasa disebut sebagai hormon pemicu bahagia. Cukup lakukan gerakan ringan saja.

2. Terapi Menulis

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah terapi dengan menulis. Cara ini sangat cocok terutama untuk seseorang yang cenderung tertutup. Pada umumnya orang yang tertutup akan bereaksi terhadap situasi di sekitarnya dengan merespon melalui kata-kata. Pada saat menulis ini, tulis semua yang ada di dalam kepala. Baik itu kata-kata umpatan maupun lainnya. Semuanya harus dikeluarkan agar tidak menjadi beban pikiran.

3. Menjauh dari Semua Peralatan Elektronik

Semua peralatan elektronik pada dasarnya memiliki cahaya biru yang dikeluarkan dari dalam yang dapat mengganggu seseorang. Apalagi peralatan elektronik seperti gawai yang penuh dengan pesan pribadi yang isinya adalah mengenai pekerjaan yang menumpuk. Oleh karena itu beristirahat sebentar dari rutinitas yang menjenuhkan juga bisa menyehatkan kesehatan.

4. Jalan-Jalan Menikmati Pemandangan Alam

Apabila Anda jenuh dengan berada di dalam ruangan setiap hari, Anda bisa berjalan-jalan sebentar melihat pemandangan alam. Anda tidak perlu menunggu hari libur untuk menikmatinya.

Cukup melakukan beberapa aktivitas di alam sebentar bisa meningkatkan ojas di dalam tubuh. Ojas merupakan salah satu zat di dalam tubuh yang diyakini bertanggung jawab untuk vitalitas, kekebalan, dan menjaga kulit yang bercahaya.

5. Terapi Melukis

Terapi ini hampir sama dengan terapi menulis namun terapi menggunakan media gambarĀ  terutama pemandangan. Terapi ini diyakini dapat memberikan ketenangan dengan melatih pikiran agar lebih bersabar dalam menjalani setiap proses maupun dari menggoreskan kuas dengan warna-warna yang indah. Dengan begitu, hasil melukis bisa memberikan ketenangan setelah melakukannya.

Demikian beberapa cara menenangkan pikiran untuk menghindari stres yang bisa Anda lakukan. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi atau situasi masing-masing. Jangan lupa untuk selalu bersyukur terhadap hal apapun yang telah terjadi untuk membantu pikiran lebih tenang. Apabila Anda merasa rasa stres sudah tidak bisa dikelola dengan baik, ada baiknya Anda langsung menghubungi tenaga medis terkait untuk membantu kesehatan Anda..