5 Manfaat Susu Sebagai Menu Pelengkap Si Kecil di Kesehariannya

5 Manfaat Susu Sebagai Menu Pelengkap Si Kecil di Kesehariannya

Anak yang sudah mengenal dan mulai konsumsi makanan berat biasanya tetap harus minum susu dengan porsi yang disesuaikan. Tetapi ada pula yang jadi kurang menyukai kegiatan minum susu dan lebih suka makan makanan berat, maupun konsumsi camilan atau snacks. Susu energi anak merupakan salah satu sumber yang memang seharusnya dikonsumsi saat anak masih dalam masa pertumbuhan.

Pemberian Susu Sangat Penting dalam Sempurnakan Tahap Tumbuh Kembang

Manfaat minum susu sendiri tidak hanya untuk melengkapi kebutuhan saja, tetapi juga bisa memberi ‘bekal’ bagi tubuh si kecil untuk melawan penyakit. Beberapa manfaat lainnya yaitu:

1.     Menyehatkan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan zat besi di dalam susu bisa bantu menyehatkan tulang dan gigi. Selain itu juga memaksimalkan proses pertumbuhan tulang, serta gigi, dan menjadikannya lebih kuat. Anak yang kurang mengonsumsi kalsium bisa mengalami gangguan pertumbuhan, khususnya pada tulang atau gigi.

2.     Lawan Penyakit

Meningkatnya daya tahan tubuh karena kebutuhan akan nutrisi terpenuhi setiap hari akan membuat ia lebih kuat dan mampu melawan penyakit-penyakit yang mudah menyerang tubuh. Apalagi anak-anak memang rentan terserang penyakit. Susu energi anak membuat ia lebih bertenaga dan secara fisik lebih kuat. Selain itu susu yang berperan menjadi sumber energi.

3.     Tingkatkan Kecerdasan si Kecil

Dalam sebuah produk susu, terdapat beragam kandungan nutrisi baik yang beberapa di antaranya memiliki manfaat pada peningkatan kecerdasan otak. Otak anak terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan, membuatnya butuh lebih banyak asupan nutrisi. Tentunya harus dibarengi pula dengan rutinitas pendukung seperti bersekolah, pelatihan, dan banyak lagi.

4.     Membuatnya Lebih Aktif

Karena tubuhnya jadi berenergi dan memiliki banyak tenaga, maka si kecil pun akan merasa lebih senang melakukan berbagai macam kegiatan. Sehingga membuatnya lebih aktif. Hal ini juga berhubungan dengan apa saja asupan nutrisi dan kondisi lingkungan. Anda bisa coba mengatur apa saja asupan bernutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan gizinya, juga bagaimana membangun kondisi lingkungan untuk mendukungnya lebih aktif.

5.     Mengurangi Stress pada Anak

Susu yang dicampur dengan coklat asli bisa jadi pilihan tepat untuk bantu kurangi perasaan stress pada anak. Bahan coklat di dalamnya memiliki fungsi memberi rasa rileks bagi tubuh dan pikiran si kecil. Ditambah rasa coklatnya yang lebih disukai anak-anak.

Anda bisa pilih produk susu energi anak dengan kandungan nutrisi yang lengkap, disertai kandungan vitamin yang bantu memenuhi kebutuhan. Memilih produk susu yang memiliki cita rasa lebih bervariasi seperti susu coklat bisa jadi pilihan tepat untuk menghindari rasa bosan si kecil terhadap makanan dan minumannya sehari-hari. Terlebih jika anak Anda memang mudah sekali merasa bosan atau kurang menyukai susu putih.