Apa Sih Penyebab Gejala Tipes? Simak Artikel Berikut!

Apa Sih Penyebab Gejala Tipes? Simak Artikel Berikut!

Gejala tipes adalah gejala atau tanda-tanda yang biasa terjadi pada orang-orang yang terkena penyakit tipes. Munculnya gejala ini bisa menjadi satu peringatan sebelum akhirnya seseorang dinyatakan tipes. Pada saat gejala muncul, pasien harus segera ditangani agar tidak mengalami sakit berkelanjutan.

Banyak sekali orang yang terjangkit penyakit tipes, sebetulnya apa sih yang menjadi penyebabnya? Tipes ialah penyakit yang penyebarannya terjadi melalui makanan, air, atau feses orang yang sudah terkena sebelumnya.

Tipes bisa terjadi pada seseorang akibat masuknya bakteri Salmonella typhi ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Bakteri tersebut masuk dan berkembang di dalam saluran pencernaan yang kemudian menyebabkan berbagai gejala seperti demam, sembelit, diare, mual, dan muntah.

Hal-hal yang Menjadi Penyebab Tipes

Tipes merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada orang Indonesia. Tipes sudah menjangkit sebanyak 20 juta orang bahkan lebih setiap tahunnya. Daerah yang banyak terjangkit penyakit tipes ialah Asia Tenggara, Afrika, Amerika Serikat, serta berbagai daerah lain.

Pada dasarnya tipes memang disebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella typhi. Tetapi ada beberapa kebiasaan buruk yang mampu memicu seseorang terjangkit penyakit ini. beberapa kebiasaan buruk tersebut dianataranya ialah:

Kurangnya Menjaga Kebersihan Makanan

Gejala tipes bisa terjadi pada seseorang yang mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi bakteri Salmonella typhi.

Bakteri salmonella bisa berkembang pada makanan laut atau ikan yang berasal dari air yang sudah terkontaminasi. Sehingga kamu bisa saja terkena tipes setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Karena itu, disarankan untuk kamu selalu mencuci tangan sebelum menyentuh makanan demi menghindari terkena tipes.

Menggunakan Toilet yang Tidak Bersih

Seperti yang kita tahu, bakteri Salmonella typhi mampu bertahan pada feses orang yang terinfeksi. Nah, apabila kamu menggunakan toilet yang sudah terinfeksi bakteri ini, kamu juga berkemungkinan terinfeksi bakteri tersebut. Sebaiknya selalu perhatikan kebersihan toilet sebelum kamu menggunakannya.

Mengkonsumsi Air Minum yang Tidak Bersih

Tanpa kamu sadari, air minum yang diminum sehari-hari bisa tercemar oleh kotoran manusia yang terinfeksi Salmonella typhi. Karena itu, air minum bisa menjadi penyebab kamu terkena tipes.

Selain itu, bakteri Salmonella typhi juga bisa terdapat pada es batu yang sering kamu gunakan untuk mendinginkan minuman.

Jajan Sembarangan

Jajan sembarangan pastinya sudah jelas dapat menjadi salah satu penyebab gejala tipes. Jajan sembarangan mampu membuatmu terjangkit tipes karena adanya bakteri Salmonella yang menempel pada makanan yang kamu konsumsi.

Jangan lupa gunakan asuransi kesehatan dari SuperYou untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik dalam menjaga kesehatann atau menangani masalah kesehatan yang terjadi pada kamu dan keluarga.