Cara Mengatasi Mual Karena Asam Lambung yang Naik

Cara Mengatasi Mual Karena Asam Lambung yang Naik

Salah satu keluhan yang paling sering di rasakan oleh orang yang mengalami asam lambung naik adalah mual. Selain mual biasanya jika mengalami asam lambung perut ini akan terasa begah, dan jadi lebih sering sendawa. Bagi beberapa orang ada juga yang sampai mengalami sembelit atau diare.

            Sebelum kita membahas bagaimana cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan asam lambung, sebaiknya Anda teliti dulu apa yang menyebabkan hal ini terjadi. Kenapa sih asam lambung ini bisa membuat kita jadi mual? Hal ini terjadi karena harusnya asam lambung yang harus ada di perut Anda ini malah naik ke kerongkongan dan menjadikan Anda mual.

            Rasa ini tentunya benar- benar tidak enak, supaya bisa menghindari terjadinya asam lambung ini Anda harus menghindari berbagai asupan kedalam tubuh Anda. Hal yang harus Anda tahu bahwa sistem buka tutup yang ada di kerongkongan ini tidak bisa bekerja secara optimal maka asam lambung pun akan terjadi.

            Rasa yang akan dirasakan oleh tubuh Anda ini yaitu rasa asam yang ada dimulut yang diikuti dengan batuk hingga sendawa. Salah satu hal yang bisa menyebabkan asam lambung ini terjadi yaitu minuman alcohol, makanan pedas, gorengan, minuman yang mengandung kafein, dan makanan yang tinggi akan lemak.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa mual akibat asam lambung naik ini sangat banyak, yuk kita langsung simak saja beberapa cara yang bisa Anda coba:

  • Ubah pola makan

Sangat disarankan untuk menghindari makan dengan berlebihan karena hal ini bisa membuat asam lambung Anda jadi naik. Untuk menghindari hal ini coba ganti pola makan Anda jadi porsi yang lebih kecil, tapi makanlah lebih sering. Selain itu hindari juga berbagai makanan yang bisa jadi pemicu asam lambung naik. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan meroko sebaiknya berhenti supaya tidak terasa mual.

  • Jangan langsung rebahan jika sudah selesai makan

Supaya asam lambung Anda tidak naik sebainya setelah Anda makan sebaiknya Anda ini jangan rebahan setelah Anda makan. Selain rebahan Anda juga jangan tidur minima 2 jam setelah makan. Tidur setelah makan juga bisa membuat Anda jadi malas-malasan.

  • Tinggikan sandaran untuk kepala saat tidur

Jika Anda mengalami asam lambung, cobalah untuk tidur dengan sandaran yang lebih tinggi dari badan. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengurangi mual karena asam lambung yang naik. Jika Anda makan pada malam hari cara ini juga ampuh untuk mencegah naiknya asam lambung.

  • Minum wedang jahe

Minum wedang jahe juga ternyata bisa membantu Anda untuk mengilangkan mual. Konsumsi wedang ini secukupnya saja ya jangan berlebihan karena jika Anda konsumsi berlebihan asam lambung Anda justru akan semakin naik.

  • Minum obat khusus asam lambung

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan supaya rasa mual Anda hilang Anda bisa mengkonsumsi obat khusu asam lambung, salah satu obat yang bisa Anda konsumsi adalah Metoclopramide. Selain obat itu Anda juga bisa menggunakan antasida supaya rasa mualnya berkurang. Carilah obat yang bisa menetralkan asam yang ada di perut. Selain obat tadi Anda juga bisa mengkonsumsi proton pump inhibitor supaya semua gejalanya hilang. Jika memang di rasa obatnya tidak berpengaruh sebaiknya Anda segera konsultasikan dengan dokter supaya mendapatkan penanganan yang lebih tepat.