Dark Coklat, Makanan Sehat untuk Jantung, Anda Wajib Coba!

Dark Coklat, Makanan Sehat untuk Jantung, Anda Wajib Coba!

Jantung merupakan bagian tubuh vital manusia. Ketika jantung mengalami masalah, maka seluruh tubuh juga tidak akan mampu bekerja dengan baik. Kesehatan jantung salah satunya dipengaruhi oleh makanan. Apabila makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang bergizi, maka jantung akan bekerja secara optimal. Namun, jika Anda sering memakan makanan yang tinggi kadar kolesterolnya, hal tersebut tentunya akan membahayakan jantung. Bagi Anda yang ingin tahu jenis makanan sehat untuk jantung yang seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi, informasi selengkapnya berikut ini.

Jenis Makanan yang Mengandung Dark Coklat

Dark coklat adalah salah satu makanan sehat untuk jantung. Apa itu dark coklat? Dark coklat adalah coklat yang mengandung kokoa 55% sampai 70%. Cobalah tengok kandungan makanan yang berbahan dasar coklat. Apabila kandungan kokoanya tinggi, maka makanan tersebut bisa masuk dalam daftar makanan yang sehat untuk jantung. Dark coklat sendiri bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti coklat batang, isian roti, bahan dasar cake, sampai dengan dicairkan untuk bungkus es.

Kandungan Dark Coklat

Tidak banyak yang tahu bahwa dark coklat nyatanya sehat untuk jantung. Pada dark coklat mengandung zat antioksidan yang mana dipercaya dapat menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Apabila antioksidan dalam tubuh ada dalam jumlah banyak, secara otomatis kesehatan jantung akan terjaga karena aliran darah akan berjalan dengan lancar tanpa sumbatan. Selain itu, dark coklat juga mengandung zat besi yang juga bagus untuk darah. Ada juga  serat. Serat ini tentunya sangat bagus untuk tubuh karena dapat memperlancar saluran cerna.

Manfaat Dark Coklat

Dark coklat memang digadang-gadang bisa menjaga jantung agar tetap sehat. Sebenarnya apa alasannya hingga dark coklat bisa membantu kesehatan jantung? Menurut para ahli kesehatan, kandungan yang ada pada dark coklat bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Yang namanya kolesterol sebenarnya tak selalu berbahaya karena dalam tubuh ada 2 macam kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Apabila Anda tidak menjaga pola makan, maka akan terjadi peningkatan LDL dalam tubuh sehingga darah akan pekat dan kerja jantung akan semakin berat.

Berbeda, ketika Anda mau menjaga pola makan, salah satunya dengan rutin mengkonsumsi dark coklat, makanan sehat ini akan menstabilkan kadar kolesterol sehingga jantung tetap dapat menyuplai darah ke seluruh tubuh, tanpa harus ada kendala. Anda juga tak akan terkena penyakit seperti stroke, penyumbatan arteri, dan tekanan darah tinggi apabila mengkonsumsi dark coklat. Itulah mengapa dark coklat dianggap baik untuk jantung. Salah satunya karena dark coklat bisa membantu mengurangi kadar LDL dalam darah.

Sebenarnya tak hanya mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung seperti dark coklat saja yang bisa membuat kolesterol dalam tubuh tetap stabil. Kolesterol bisa dikendalikan dengan menerapkan pola hidup sehat, mulai dari berolahraga, tidur tepat waktu, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol serta mengkonsumsi makanan yang bergizi. Membuat jantung sehat dengan menstabilkan kolesterol juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi nestle acticor. Minuman kesehatan yang mengandung serat inulin dan betaglucan. Hanya dengan minum  2 kali pagi dan sore, Anda bisa say good bye dengan kolesterol dan penyakit jantung.