Jenis-jenis Sektor Industri Kreatif Indonesia yang Terus Berkembang

Jenis-jenis Sektor Industri Kreatif Indonesia yang Terus Berkembang

Sebuah aktifitas ekonomi yang berhubungan dengan penciptaan atau pemakaian dalam hal pengetahuan dan informasi, disebut dengan industri kreatif. Biasanya industri kreatif Indonesia juga dinamakan ekonomi kreatif atau industri budaya.

Industri ini tercipta dari pemanfaatan dan juga keterampilan yang dipunya oleh setiap orang, dan bisa dibuat lapangan kerja baru. Bisa juga dipakai untuk kesejahteraan yang ada di daerah. Industri kreatif juga disebut sebagai hasil kreatifitas serta daya cipta yang dipunyai setiap orang.

Jenis Sektor Industri Kreatif Indonesia dan Penjelasannya Lengkap

Kamu harus tahu, kalau jenis industri kreatif yang ada di Indonesia ini banyak banget. Masing-masing industri itu punya peranannya sendiri. Peran mereka dalam bidang perekonomian ini sangat bagus, karena bisa meningkatkan perekonomian di Indonesia.

Berikut ini beberapa jenis subsektor industri kreatif yang ada di Indonesia:

1. Sektor Arsitektur

Jenis industri kreatif yang satu ini berhubungan desain dalam hal bangunan misalnya perencanaan konstruksi, konservasi bangunan warisan, hingga pengawasan konstruksi. Sektor ini juga meliputi segala aspek arsitektur yang ada.

Peranan dari industri ini juga mempunyai dua jenis level yaitu makro dan mikro. Melakukan konstruksi bangunan, yang secara menyeluruh misalnya perencanaan dalam pembuatan konstruksi/renovasi suatu bangunan disebut dengan level mikro.

2. Sektor Periklanan

Sektor yang satu ini juga menjadi bagian dari industri kreatif yang berhubungan erat dengan jasa periklanan. Contoh industri kreatif ini juga berhubungan dengan produksi serta distribusi iklan, yang akan dilakukan riset pasar dan perencanaan pengembangan di dalam iklan itu sendiri.

Hal-hal yang berkaitan dengan sektor periklanan diantaranya yaitu proses promosi iklan, membuat iklan yang ada di luar ruangan, serta produksi material iklan. Iklan juga bisa bisa dimanfaatkan di media cetak, elektronik dan sebagainya, di dalam kegiatan promosi.

3. Sektor Pasar Barang Seni

Aktifitas perdagangan beberapa barang asli yang unik dan langka, serta memiliki nilai seni tinggi disebut dengan sektor pasar barang seni. Industri ini akan menjual barang-barang dengan cara lelang, melalui internet atau membuka galeri, di dalam proses penjualannya.

Contoh industri pasar barang seni diantaranya yaitu film, alat musik kerajinan, lukisan, automobile, dan juga seni rupa.

4. Sektor Kerajinan

Hal-hal yang berkaitan dengan proses produksi dan distribusi kerajinan yang dihasilkan, dan proses kreasi ada di dalam sektor kerajinan ini. Sektor ini dibuat oleh para tenaga pengrajin mulai dari desain hingga proses hasil penyelesaiannya.

Jenis Sektor Industri Kreatif dengan Basis Teknologi

Bukan hanya kreatifitas yang dilakukan secara manual saja, tetapi industri kreatif juga memiliki basis secara teknologi. Bahkan dengan berkembangnya teknologi, industri ini terus meluas dan mengikuti zaman yang sudah canggih.

Beberapa sektor industri kreatif yang berbasis teknologi adalah sebagai berikut:

1. Sektor Industri Permainan

Sektor yang satu ini berhubungan dengan produksi permainan, kreasi, dan permainan yang beredukasi. Terbukti dengan beberapa contoh aplikasi dan pengembangan permainan yang digunakan oleh masyarakat Indonesia secara luas.

Sektor ini tak hanya berkaitan dengan hiburan saja tapi bisa juga berhubungan dengan edukasi dan ketangkasan otak.

2. Sektor Industri Musik

Sektor musik berhubungan dengan komposisi dalam sebuah lagu, menciptakan lagu, proses produksi pada saat rekaman, kreasi musik dan sebagainya. Banyak juga software yang dipakai khusus untuk mengolah musik dalam PC/laptop yang membuat sektor ini semakin berkembang.

3. Sektor Industri Layanan Komputer dan Perangkat Lunak

Sektor ini berkaitan dengan pengembangan teknologi yang di dalamnya mencakup beberapa hal seperti pengolahan data, pembuatan website, desain sistem, jasa layanan komputer dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Sektor Industri Pertelevisian

Sektor pertelevisian adalah yang paling dikenal di dalam industri kreatif dan paling banyak peminatnya. Hal-hal yang berkaitan dengan sektor dalam industri pertelevisian adalah pengemasan acara televisi, proses produksi, hingga pembuatan kreasi yang menghibur.

Pertumbuhan industri kreatif Indonesia terus meningkat dan sifatnya sangat variatif karena berasal dari berbagai sektor yang ada. Nah, maka dari itu peran dari industri kreatif ini sangat penting terutama dalam pertumbuhan ekonomi secara mikro, makro ataupun secara global dan lebih luas lagi.