Kandungan dan Trik Memilihkan Susu Pertumbuhan Anak Usia 5 Tahun Keatas yang Tepat

Kandungan dan Trik Memilihkan Susu Pertumbuhan Anak Usia 5 Tahun Keatas yang Tepat

Tahukah Anda kalau susu bukan hanya penting untuk anak usia di bawah lima tahun? Usia lima tahun ke atas juga butuh nutrisi dari segelas susu setiap harinya. Lantas apa sebenarnya kandungan gizi yang wajib ada dalam susu pertumbuhan anak usia 5 tahun keatas, bagaimana pula cara memilih susu yang tepat?

Pada umumnya, susu untuk anak-anak dibuat dari susu sapi atau kedelai yang diolah. Unsur gizi di dalam bahan tersebut dinilai cukup untuk mendampingi gizi dari makanan harian buah hati Anda.

Kandungan Penting di Dalam Susu Pertumbuhan Anak Usia 5 Tahun Ke Atas

Saat berbelanja susu formula untuk anak yang sudah berusia lima tahun ke atas, penting untuk mengecek kandungan gizi yang dimilikinya. Anak usia tersebut, membutuhkan sejumlah nutrisi dengan jumlah yang tepat.

  • Protein

Untuk kandungan protein yang dibutuhkan anak, sesuai angka kecukupan gizi yang sudah dihitung oleh ahli maka usia lima tahun ke atas butuh 35 gram protein setiap harinya.

  • Kalori

Beda lagi dengan jumlah kebutuhan kalori anak yang mencapai 1600 kilo kalori setiap hari. Fungsinya sangat penting agar anak memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas setiap hari.

  • Kalsium

Untuk penguatan tulang, dibutuhkan asupan kalsium yang tinggi. Selain dari makanan. Susu juga bisa membantu memenuhi kebutuhannya yang mencapai 1000 miligram setiap harinya.

  • Lemak

Kebutuhan lemak yang diperlukan anak usia lima tahun ke atas, adalah 62 gram.

Begini Cara Memilih Susu Pertumbuhan yang Tepat Untuk Anak Usia 5 Tahun

Setelah mengetahui nutrisi yang penting untuk anak usia lima tahun ke atas, saatnya Anda untuk memilih susu yang tepat. Bila perlu ajak buah hati untuk ikut memilih, agar dia lebih semangat saat mengkonsumsi susu tersebut.

  • Anak Suka Rasa Apa?

Saat ini susu punya varian rasa yang cukup banyak, jika Anda menentukan sendiri bisa saja si anak tidak menyukainya dan berujung mubazir bukan? Ada baiknya untuk menyuruh si kecil memilih sendiri varian rasa kesukaannya, apakah coklat, vanila, madu, atau lainnya.

  • Anak Alergi Atau Tidak

Ketika anak Anda alergi, maka sebaiknya memilih susu yang diperuntukkan bagi anak alergi. Biasanya dibuat dari bahan kedelai khusus atau susu khusus untuk alergi. Sehingga ketika dikonsumsi tidak memicu kondisi buruk pada kesehatan anak.

  • Bagaimana Kondisi Anak?

Apakah anak Anda kurus? Maka perlu susu dengan kandungan protein dan lemak yang tinggi, untuk membantunya tumbuh lebih berisi dan punya nafsu makan lebih besar.

  • Kapan Kadaluarsa?

Jangan abaikan tanggal kadaluarsa susu. Pastikan untuk melihatnya pada salah satu sisi kotak susu.

Jika Anda sudah paham kandungan nutrisi dan bagaimana cara memilih susu pertumbuhan anak usia 5 tahun keatas, tak akan ada masalah berarti saat membuat jadwal rutin anak minum susu. Pastinya dia akan suka, dan pertumbuhannya dari segi fisik hingga otak akan semakin maksimal.