Mengenal Berbagai Warna Sunglasses dan Kegunaanya

Mengenal Berbagai Warna Sunglasses dan Kegunaanya

Berdiri di tengah terik matahari yang berlebihan dapat menjadi berbahaya karena adanya sinar ultra violet (UV). Selain berbahaya untuk kulit, radiasi dari sinar UV juga dapat berpengaruh buruk pada kesehatan mata, terutama orang-orang yang rentan. Untuk menghindari tersebut, ada baiknya mengetahui fungsi sunglasses atau kacamata hitam dalam melindungi indera penglihatan Anda.

Perbedaan Warna pada Sunglasses

 Sunglasses tidak selalu berwarna hitam. Ada beberapa warna yang ternyata juga memiliki fungsi berbeda. Warna hitam yang umumnya digunakan untuk sunglasses dapat menyerap radiasi sinar matahari sehingga membantu Anda tetap fokus melihat saat terang. Berbagai warna dari sunglasses antara lain:

  • Lensa Berwarna Kuning atau Jingga

Kacamata dengan lensa warna kuning atau jingga membantu Anda melihat dengan fokus pada tempat-tempat berasap atau berkabut. Kacamata ini cocok untuk Anda yang hobi naik gunung, berolah raga di alam terbuka, atau bekerja di pegunungan.

Lensa dengan warna kuning pada kacamata berfungsi untuk memblokir warna biru dari cahaya. Hal inilah yang membantu Anda tetap fokus dalam melihat saat adanya kabut.

  • Lensa Berwarna Biru atau Coklat

Lensa biru dan coklat cocok digunakan untuk tempat luas dengan warna senada, misalnya ketika keadaan bersalju dan ketika Anda berada di padang rumput. Ketika berada di hamparan yang luas, terkadang mata tidak dapat membedakan kontur. Lensa biru berfungsi untuk menegaskan kontur-kontur yang menipu mata tersebut.

  • Lensa Berwarna Abu-Abu atau Hijau

Selain warna hitam, warna abu-abu pada lensa sunglasses Anda juga berfungsi untuk meneduhkan dan menyerap cahaya dari matahari. Warna Abu-abu tidak menyebabkan distorsi pada warna, sehingga Anda tetap dapat melihat warna yang berbeda.

Kacamata ini sangat cocok digunakan ketika berkegiatan di luar ruangan seperti saat ke pantai, berjalan-jalan, atau mengemudi.

  • Lensa Berwarna Merah atau Merah Jambu

Lensa berwarna merah atau merah jambu pada sunglasses memiliki fungsi yang baik saat digunakan di dalam ruangan, terutama apabila Anda sering berada di depan layar komputer. Lensa ini dapat menyerap radiasi dari sinar komputer sehingga mengurangi lelah pada mata.

Fungsi Menggunakan Kacamata Hitam

Ada berbagai macam fungsi sunglasses di samping melindungi mata dari radiasi cahaya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Menghindari Migrain dan Sakit Kepala

Pada orang-orang yang sensitif terhadap cahaya, radiasi dari cahaya matahari dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain. Oleh karena itu, sunglasses sangat membantu dalam penyerapan radiasi cahaya matahari terutama pada siang hari yang terik.

  • Mencegah Mata Lelah

Cahaya yang terang saat matahari terik dapat memicu kerja mata lebih berat. Misalnya, Anda harus memincingkan mata untuk tetap fokus melihat. Hal ini meneganggakn otot-otot mata dan membuat mata sangat lelah. Sunglasses berfungsi untuk meredakan kinerja yang berat tersebut sehingga mata tidak terlalu lelah.

  • Berkendara Lebih Baik

Mengendarai kendaraan sepeda motor atau mobil terkadang terganggu dengan cahaya matahari. Terkadang, penglihatan akan kabur karena adanya fatamorgana di atas aspal. Selain itu, mata lelah juga dapat memicu berbagai kecelakaan.

Sunglasses membantu Anda berkendara lebih baik karena dapat menghalau silau dari cahaya matahari. Warna hitam atau abu-abu sangat cocok untuk berkendara karena tidak menimbulkan distorsi warna.

  • Melindungi Mata dari Lingkungan Buruk

Sunglasses dapat melindungi mata Anda dari lingkungan yang tidak bersahabat. Salah satu contoh adalah saat Anda berada di tempat yang banyak asap, debu, atau saat berada di lingkungan dengan hamparan salju yang tebal.

Salju merefleksikan cahaya hingga 80%. Seringkali pada mata yang sensitif, Anda dapat mengalami kebutaan karena salju atau snow blindness. Hal ini tentu berbahaya karena dapat mengurangi kemampuan melihat sesaat saat berada di pegunungan salju.

Fungsi sunglasses tidak hanya untuk kesehatan mata, tetapi juga dapat mempengaruhi penampilan Anda agar terlihat lebih menarik. Pilihlah kacamata hitam sesuai dengan kebutuhan dan aktifitas Anda sehingga tidak salah dalam penggunaan.