Mengenal Fakta Kopi Nusantara Khas Toraja

Mengenal Fakta Kopi Nusantara Khas Toraja

Kopi nusantara khas Toraja telah begitu populer di kalangan penikmat kopi. Tak hanya di Indonesia, biji kopi ini juga dikenal dan dicari di berbagai negara. Biji kopi Toraja ini juga disebut-sebut sebagai salah satu biji kopi terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Bahkan banyak pecinta kopi dari mancanegara yang mengatakan bahwa kopi Toraja adalah kopi terenak.

Tentang Kopi Toraja

Kopi Toraja memang menghadirkan aroma dan cita rasa yang berbeda. Agar lebih mengenal jenis kopi ini, berikut ada beberapa fakta menarik kopi Toraja yang perlu Anda tahu.

1.     Bukan Kopi Termahal

Kopi Toraja memang mendapatkan predikat sebagai kopi terenak. Namun, jenis kopi yang satu ini justru bukanlah kopi termahal. Predikat kopi termahal ternyata disandang oleh kopi luwak. Justru jenis kopi yang satu ini lebih mudah untuk dijangkau. Masyarakat biasa jadi bisa menikmati kopi dengan cita rasa paling enak tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

2.     Populer di Jepang

Ternyata kopi Toraja tidak lebih dulu populer di Indonesia. Biji kopi ini justru lebih dulu populer di luar negeri yaitu Jepang tepatnya sejak tahun 1930. Barulah pada tahun 1970-an kopi ini mulai populer dan disukai oleh masyarakat di Indonesia juga dunia. Masyarakat Jepang telah lebih lama mengenal biji kopi ini dan menganggap kopi Toraja sebagai produk premium di sana.

3.     Budaya di Toraja

Kopi nusantara khas Toraja ini bukanlah sekadar minuman biasa. Lebih dari itu, produk kopi ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan kehidupan budaya masyarakat di sana. Menikmati kopi Toraja merupakan sebuah tradisi bagi masyarakat. Selain itu mereka juga mengenal adanya tarian tradisional yang diberi nama Tari Malattu Kopi yang artinya memetik kopi.

4.     Aroma yang Beragam

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh biji kopi Toraja terletak pada aromanya. Aroma kopi ini sangat beragam bahkan dinilai berbeda oleh masing-masing orang yang menikmatinya.

Kopi Toraja ternyata menyimpan beragam aroma mulai dari rempah, madu, tembakau, jeruk, juga asap. Kekayaan aroma ini membuat penikmat kopi merasa begitu takjub dan semakin mencintai kopi Toraja.

5.     Cita Rasa yang Ramah

Biji kopi Toraja ternyata punya rasa yang tergolong ramah. Rasa kopinya tidak terlalu pahit sehingga masih bisa diterima oleh penikmat kopi pemula sekalipun. Selain itu kopi ini juga punya tingkat keasaman yang cenderung rendah sehingga aman bagi lambung. Sifat tersebut juga menjadi poin yang menambah keistimewaan dari kopi kebanggaan Indonesia ini.

Begitulah keunikan yang dimiliki oleh kopi nusantara khas Toraja ini. Sayang sekali jika Anda belum pernah menyesap nikmatnya rasa kopi yang mendapat predikat terenak ini. Biji kopi Toraja telah dikenal oleh para pecinta kopi yang tersebar di banyak negara dan membuat nama Indonesia semakin populer di dunia.