Resep Kue Cucur Gula Merah

Resep Kue Cucur Gula Merah

Kue cucur adalah salah satu jenis makanan tradisional yang berasal dari negara Indonesia yang hingga formasi saat ini peminatnya masih banyak. Bagi Anda yang sedang mencari informasi seputar resep kue cucur, pada artikel resep kali ini kita akan membahas salah satu jenis kue cucur yakni tentang resep kue cucur gula merah.

Kue cucur masuk dalam rombongan jenis makanan jajanan pasar dan bersanding dengan jenis kue atau jajanan pasar lainnya. Kue cucur gula merah tersebut merupakan makanan tradisional dari betawi. Memiliki cita rasa yang nikmat membuat semua orang mencoba nya akan ketagihan. Memiliki tekstur yang berserat mampu memanjakan lidah penikmatnya. Selain itu kue cucur dapat dengan mudah untuk Anda temukan di pasar, pedagang kaki lima hingga pedagang keliling.

Anda dapat membeli kue satu ini dengan harga yang sangat terjangkau. Akan tetapi, walau harganya murah namun mengapa tidak apabila Anda ingin mencoba membuatnya sendiri. Selain puas akan kreasi sendiri, Anda juga dapat menjaga kesterilan bahan serta memperoleh rasa yang diinginkan.

Bahan untuk Membuat Kue Cucur Gula Merah

Bagi Anda yang ingin membuat kreasi sendiri atau ingin mencoba membuat jajanan kue cucur gula merah, Anda bisa mencobanya sendiri dirumah dengan beberapa bahan yang sangat mudah untuk didapatkan. Bahan-bahan tersebut antara lain :

  • Siapkan 420 ml air
  • Sekitar 250 gram gula merah
  • 100 gram tepung beras
  • Daun pandan 3 lembar
  • A  nnnnnnnnnnnnnnnnnnn¼ sdt garam

Cara Membuat Kue Cucur

Apabila Anda sudah mengetahui dan mencatat bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue cucur gulah merah, lanjut ke tahap berikutnya yakni cara membuat kue cucur gula merah, yaitu :

  • Pertama, siapkan sebuah panci kemudian masukan air dengan beberapa bahan lain seperti gula merah, pandan sambil mengaduk. Apabila gula merah sudah larut saringlah hasil dari rebusan.
  • Selanjutnya campurlah tepung beras, tepung terigu, dan garam.Aduklah hingga seluruh bahan merata. Kemudian, tuangkan gula yang sudah larut sebelumnya secara perlahan. Saat Anda tuangkan larutan gula tersebut, Anda dapat mengaduk adonan. Lalu, diamkan adonan tersebut setidaknya 30 menit
  • Jika sudah, Anda perlu menyiapkan wajan berbentuk cekung, kemudian simpanlah wajan tersebut pada kompor dan nyalakan api sedang. Tuangkan minyak goreng seperlunya ke wajan tersebut. Lalu panaskan minyak tersebut.
  • Bila minyak goreng sudah panas, Anda dapat langsung masukkan semua adonan kue tadi ke dalam wajan yang sudah terisi minyak goreng. Kemudian goreng adonan tersebut hingga adonannya membentuk serat.
  • Terakhir, tusuk sisi tengah dari adonan tersebut memakai tusukan atau lidi yang bersih. Kemudian putar adonan yang ada di dalam wajan, cobalah untuk membalik adonan. Apabila sudah matang, Anda langsung mengangkat kue cucur gula merah tersebut lalu tiriskan, dan kue cucur gula merah sudah siap dinikmati.

Itulah resep kue cucur gula merah yang bisa Anda kreasikan sendiri dirumah. Selain rasa bangga karena bisa membuatnya sendiri, Anda juga bisa menikmati kue cucur tersebut sebanyak yang Anda mau dan menikmatinya bersama keluarga dirumah. Demikian pembahasan dari artikel resep kali ini semoga bermanfaat.