Teknik Cetak Offset dan Kategori Mesin Cetak Offset

Teknik Cetak Offset dan Kategori Mesin Cetak Offset

Sekarang kita bahas lebih dalam mengenai metode pencetakan offset printing ini kepada sahabat semua dimana dari pengertian secara ringkas sampai dengan pembahasan teknik cetak offset dan tentu saja beberapa kategori mesin yang digunakan.

Cetak offset sendiri merupakan sebuah teknik dalam dunia percetakan membuat citra gambar dan tinta di transfer dulu ke bagian plat atau lembar karet khusus kemudian nanti melalui pola film dan jadilah pola cetakan yang super kuat dari sisi ketajaman gambar dan resolusinya.

Dari sisi teknik litografi sendiri teknik offset ini sendiri melakukan kolaborasi antara tinta dan minyak. Jadi aera yang di film memang tidak akan terkena dari tinta dan tentunya hasilnya nanti area tersebut akan tetap bersih.

Teknik Cetak Ofset

Dari sisi penggunaan memang cetak offset sendiri umumnya banyak digunakan dalam dunia percetakan yang sangat luas dari jenis grafika baik di Industri kecil sampai dengan besar dengan output berupa koran, kemudian majalah, sampai dengan buku.

Sedangkan dalam dunia percetakan lebih luas, akan menghasilkan produk seperti baner, kemudian baliho dan lain sebagainya.

Maka tidak heran memang jasa digital printing Surabaya misalkan menjadi salah satu tempat percetakan yang sampai sekarang diburu di daerah pulau Jawa karena disana salah satu tempat percetakan offset terbesar sampai sekarang.

Dari penggunaan 3 silinder pada teknik ini tentu saja memang akan menghasilkan kualitas cetakan yang sangat baik dan terbaik bisa diktakan demikian.

3 silinder ini bekerja bersama sama, dimana silinder pelat yang pertama dalam tahap pemerosesan kemudian akan berlanjut ke silinder kain, karet dan silinder tekan yang akan menekan gambar atau pola pada permukaan cetak menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Kategori mesin cetak offset

Nah yang terakhir sekarang kita bahas mengenai beberapa pembagian atau kategori mesin cetak offset ini.

  1. Mesin duplicator : Jenis mesin ini sendiri digunakan dalam mencetak kebutuhan yang lebih simple umumnya digunakan dalam lingkup kantoran.
  2. Mesin cetak offset kecil : Biasanya digunakan dalam mencetak ukuran kecil seperti kertas doble folio.
  3. Kemudian yang ketiga adalah Mesin cetak offset ukuran medium atau biasa disebut dengan ½ plano.
  4. Kemudian ada juga jenis mesin cetak offset ukuran plano lebih besar dari medium
  5. Mesin cetak offset warna ganda : Dimana ini jenis mesin yang digunakan dalam mencetak obyek kaya akan warna
  6. Mesin cetak offset perfektor : jenis mesin ini sendiri memang canggih dimana baisa digunakan dalam mencetak brosur dan lain sebagainya yang bisa lengkap bolak balik tentu saja.
  7. Mesin cetak offset rotasi : Nah ini jenis mesin yang keren juga, dimana jika anda membuat stiker dalam bentuk gulungan maka jenis mesin ini bisa anda gunakan.
  8. Kemudian yang terakhir adalah jenis Mesin cetak offset khusus waterless atau yang dikenal juga dengan sebutan (offset kering).