Tekstur Mpasi yang Sesuai dengan Usia Bayi

Tekstur Mpasi yang Sesuai dengan Usia Bayi

Mpasi Merupakan makanan pendamping asi balita, mpasi di berikan saat balita berusia 6 bulan sampai seterusnya. Tekstur mpasi yang lunak memudahkan balita mengunyah dan memakan mpasi tersebut, memberikan mpasi pada balita dilakukan agar pertumbuhannya semakin meningkat dan menyehatkan.

 Pemberian makanan tambahan harus disesuaikan dengan kemampuan bayi. Untuk itu, tekstur Mpasi bervariasi sesuai dengan tingkat usianya. Hal ini dilakukan agar tidak terjdi kesalahan dalam memberikan Asupan mpasi pada balita.

Bagaiman Cara Mengtahui Tekstur Mpasi Yang Sesuai dengan Usia bayi

Apakah Anda mulai memberi makan bayi Anda makanan tambahan? Anda tidak perlu bingung! karna kami telah merangkum beberapa cara menganli Tekstur Mpasi Yang sesuai dengan usia Balita.

Berikut Cara mengetahui Tekstur Mpasi yang Sesuai dengan Usia Anak

Baiklah tanpa banyak basa basi lagi simaklah beberapa cara mengetahui tekstur mpasi yang sesuai dengan usia balita ini.  Antara lain sebagai berikut:

  • Balita Usia 6 bulan

Untuk bayi pertama, makanan harus semi cair atau sedikit cair untuk mencegah tersedak. Mati lemas merupakan hal yang berbahaya karena bayi tidak memiliki kemampuan batuk yang cukup keras untuk mengeluarkan makanan yang menghalangi jalan napas.

Untuk bayi usia 6 bulan, MPASI harus digiling hingga halus. Tekstur awal tidak boleh terlalu kental dan tidak meluap seperti air. Sehingga si kecil secara bertahap bisa terbiasa dengan makanan padat.

  • Balita Usia7-9 bulan

Lanjutkan untuk melengkapi dengan peningkatan tekstur secara bertahap. Untuk bayi usia 7 sampai 9 bulan, tekstur makanannya ditingkatkan secara bertahap, misalnya setiap dua minggu sekali.

Setelah 8 bulan, makanan bayi tidak boleh lagi digiling menggunakan blender. Makanan bayi dapat dihancurkan menggunakan Ssendok. Giling makanan dengan mixer sampai halus. Dengan cara ini, meskipun makanan tersebut tergolong tumbuk, masih ada komponen padat di dalamnya.

  • Balita Usia 10-12 bulan

Pada usia ini, bayi mulai makan makanan padat yang semakin banyak. Beras tim dapat ditingkatkan secara bertahap menjadi beras merah. Terus tingkatkan teksturnya sampai akhirnya bayi bisa makan di usia 1 tahun.

Nah, pada usia ini, bayi mendapatkan makanan yang lengkap. Mulailah dengan nasi, lauk pauk, dan sayuran di piring. Jumlah porsi yang dimakan bayi sekarang adalah 200-240 ml.  Bayi dapat diberi makan dengan jadwal teratur 3 hingga 4 kali sehari dengan 1-2 camilan sehat. Lanjutkan memberi makan secara bertanggung jawab.

Jangan paksa anak untuk menghabiskan makanannya jika dia menolak. Selain dilakukan sendiri di rumah, kini banyak suplemen instan yang sudah lolos uji agensi. Bahan habis pakai berkualitas baik dan telah teruji.

Selain karbohidrat, protein, lemak, suplemen instan ini biasanya kaya akan vitamin dan mineral, DHA untuk perkembangan otak dan mata, probiotik (FOS) untuk kesehatan usus, kalsium tinggi untuk tulang dan gigi, serta vitamin 12 dan 8 mineral yang baik untuk kesehatan.  Nah Itulah Tekstur Mpasi yang sesuai Dengan usianya