Tips Memilih Sabun & Sampo Bayi yang Aman

Tips Memilih Sabun & Sampo Bayi yang Aman

Memilih sabun & sampo bayi yang tepat untuk kulit anak Anda sangat penting. Tentu kita sebagai orang tua sangat memahami hal ini. Pilihan yang tepat adalah pilihan yang sesuai bagi kebutuhan anak. Saat bayi baru lahir, kondisi kulit bayi belum berkembang. Kulit bayi baru lahir secara alami mengalami perubahan adaptif secara perlahan. Untuk alasan ini, pemilihan sabun harus dipilih dengan cermat.

Memilih Sabun & Shampo Bayi

  • Hindari bahan kimia berbahaya

Jangan membeli sabun bayi secara asal bahkan jika tidak memiliki informasi apapun. Beberapa sabun bayi mengandung pewarna, pewangi kimia, pengawet, dan bahan kimia lainnya yang dapat merusak kulit sensitif bayi yang berefek jangka panjang. Environmental Working Group (EWG) memelihara database kosmetik yang memperingatkan bahan kimia tertentu dalam sabun bayi.

  • Pilih bahan aman untuk bayi

Carilah bahan-bahan yang aman dalam sabun bayi seperti gliserin, minyak kelapa, minyak kelapa organik, shea butter, minyak almond manis, minyak biji jojoba, minyak zaitun, bunga chamomile, oatmeal koloid, madu, ekstrak minyak rosemary, cocoa butter, dan air.

  • Pilih sabun bebas wewangian

Kebanyakan wewangian yang digunakan dalam sabun bayi adalah sintetis dan diketahui menyebabkan banyak masalah kesehatan pada bayi yang masih sangat sensitif, berbeda dengan orang dewasa. Mungkin memang tidak semua namun wewangian sintetis yang terlalu kuat salah satunya dapat menyebabkan iritasi kulit dan alergi pada bayi. Paparan parfum dalam jangka panjang diketahui mempengaruhi sistem saraf pusat dan berpotensi juga pada sistem reproduksi.

  • Pilih sabun hypoallergenic

Disarankan untuk mencari produk bayi hypoallergenic. Hal ini untuk mencegah reaksi alergi atau iritasi pada kulit bayi, terutama jika bayi memiliki masalah kulit seperti eksim. Biasanya produk bayi ada yang sudah memiliki label hypoallergenic sehingga lebih aman untuk bayi dengan kulit yang lebih sensitif. pilihlah sabun bayi yang bagus dengan bahan yang aman untuk anak. Ada banyak sabun bayi yang baik dan aman yang tersedia di toko lokal Anda atau online.

  • Pilih yang pH-nya seimbang

Ibu sering melihat kata “pH netral” atau “pH seimbang” saat melihat deskripsi produk perawatan kulit bayi. Skala pH adalah metode untuk mengukur keasaman atau kebasaan suatu zat. Produk perawatan kulit dengan tingkat pH yang mirip dengan kulit bayi tidak akan mengganggu lapisan pelindung kulit anak.

  • Hindari sabun antibakteri

Jangan gunakan produk berlabel “antibakteri” pada kulit bayi Anda. Ini karena sebagian besar produk antibakteri mengandung alkohol. Ini juga mengapa kita jarang melihat bahan antibakteri pada produk bayi yang biasanya memang tidak ditambahkan ke produk anak-anak.

Salah satu produk bayi pilihan ibu yaitu johnson & johnson yang bukan hanya memiliki produk sabun dan shampo bayi namun juga produk-produk bayi lainnya yang hypoallergenic sehingga aman untuk kulit bayi. Anda bisa melihat koleksi produk johnson & johnson di Orami dengan pilihan lengkap dan harga terjangkau.